Wilayah Kawasan Perkotaan Yogyakarta (KPY) menurut Legal aspek, mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009 – 2029, kawasan perkotaan Yogyakarta direncanakan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Secara administratif meliputi seluruh Kota Yogyakarta, ditambah beberapa Kecamatan di Kabupaten Sleman serta Kabupaten Bantul.
Wilayah di Kabupaten Sleman diantaranya Kecamatan Depok, sebagian Kecamatan Ngaglik, sebagian Kecamatan Mlati, sebagian Kecamatan Godean, sebagian Kecamatan Gamping, dan sebagian Kecamatan Ngemplak. Sementara wilayah yang masuk di Kabupaten Bantul adalah sebagian Kecamatan Kasihan, sebagian Kecamatan Sewon, dan sebagian Kecamatan Banguntapan. 14 Kecamatan, 45 Kelurahan di Kota Yogyakarta, 3 Kecamatan, 11 Desa di Kab Bantul dan 7 Kecamatan, 15 Desa di Kab Sleman.
Batas delineasi wilayah diarahkan di dalam kawasan yang dibatasi oleh rencana outer ring road Yogyakarta, dengan beberapa bagian yang ada di utara dan selatan direncanakan sebagai kawasan penyangga. Selain itu, pemilihan delineasi wilayah ini juga sebagai upaya untuk menahan tingginya tekanan terhadap fungsi kawasan yang ada, serta dominasi peruntukan lahan yang ada, karena tingginya perubahan peruntukan kawasan yang semula permukiman menjadi industri maupun perdagangan/ jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *