Apa itu Data Spasial?

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sebagian besar data yang akan ditangani dalam GIS merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis, memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya dan mempunyai dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain, yaitu informasi lokasi (spatial) dan informasi deskriptif (attribute) yang dijelaskan berikut ini :

  1. Informasi lokasi (spatial), berkaitan dengan suatu koordinat baik koordinat geografi (lintang dan bujur) dan koordinat XYZ, termasuk diantaranya informasi datum dan proyeksi.
  2. Informasi deskriptif (attribute) atau informasi non spasial, suatu lokasi yang memiliki beberapa keterangan yang berkaitan dengannya, contohnya : jenis vegetasi, populasi, luasan, kode pos, dan sebagainya.

More To Explore

Uncategorized

Peta Desa dan SDGs Desa

Pembahasan mengenai SDGs Desa Nomor 9: Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan. Bagaimana upaya pengembangan dan pembangunan desa dalam bidang infrastruktur dan inovasi desa perlu

Spasial

Sumber Data Spasial

Data spasial dapat diperoleh dari beberapa sumber antara lain : 1. Peta Analog Peta analog (antara lain peta topografi, peta tanah dan sebagainya) yaitu peta